Saturday 29 October 2016

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)

PERKEMBANGAN ARSITEKTUR KOMPUTER (HARDWARE + SOFTWARE) SAAT INI 


Perkembangan hardware dan software computer pada saat ini terbilang sangat cepat, bahkan yang dulunya computer sebesar  1x lapangan bola sekarang mungkin hanya sebesar buku (laptop), termasuk juga software yang terkandung dalam computer itu sendiri. Computer bukan lagi halnya mesin yang melakukan perintah sederhana, bahkan sekarang computer sebagai alat yang paling banyak orang pakai di dunia, karena kecanggihan dari software nya, mungkin dulu computer hanya di gunakan untuk sekedar operasi perhitungan, tapi sekarang sudah di pakai untuk me design, editing, recording, dan masih banyak lagi semua yang ingin kita lakukan bisa kita aplikasikan kedalam computer. Tak terlepas dari perkembangan software yang di buat manusia itu sendiri untuk mengembangakan kerja dan fungsi dari computer.

DASAR PEMECAHAN MASALAH DAN PEMBUATAN KEPUTUSAN MANAJEMEN

Dasar Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah pada umumnya merupakan tujuan, metode, prosedur bahkan strategi untuk menyelesaikan masalah yang ada. Atau dalam logika seseorang biasanya di sebut “jalan keluar” dari masalah.  Dalam tulisan yang pernah saya baca pemecahan masalah adalah suatu proses terencana yang perlu dilaksanakan agar memperoleh penyelesaian tertentu dari sebuah masalah yang mungkin tidak didapat dengan segera (saad & ghani,2008:120).
Pembuatan Keputusan
Pembuatan keputusan adalah suatu perencanaan menyangkut keputusan-keputusan sangat penting dan dalam jangka waktu yang panjang. Dalam proses pembuatan keputusan, harus memutuskan dengan jelas tujuan-tujuan organisasi yang akan dicapai, sumber daya yang akan di guanakan, dan siapa yang akan melaksakan setiap tugas yang dibutuhkan. Seluruh proses perencanaan itu melibatkan situasi yang terjadi dalam pembuatan keputusan. Kualitas keputusan akan menentukan efektifitas rencana yang disusun.



TAHAPAN UNTUK PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM


Proses pemecahan masalah dapat dilakukan dengan empat tahapan utama yaitu :
Memahami dan mendefinisikan masalah
Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting karena menjadi awal dari seluruh proses pemecahan masalah. Tujuan pada bagian ini adalah memahami masalah dengan baik dan menghilangkan bagian-bagian yang dirasa kurang penting.
Membuat rencana untuk pemecahan masalah
mencari berbagai cara penyelesaian yang mungkin diterapkan dan membuat rencana pemecahan masalah
Penyelesaian suatu masalah biasanya tidak hanya satu tapi mungkin bisa beberapa macam. Sebagai ilustrasi, apabila kita berada di kota Surabaya dan ingin pergi ke Jakarta, maka banyak cara yang mungkin bisa dilakukan, misalnya kita bisa menempuh dengan angkutan darat, laut atau udara. Dengan angkutan darat kita bisa menggunakan kereta api, bus atau angkutan yang lain. Jalurnya pun kita bisa lewat jalur utara, tengah atau selatan. Jadi banyak sekali cara penyelesaian yang bisa kita kembangkan. Masing-masing mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Dari sekian banyak penyelesaian ini kita harus memilih satu yang berdasarkan persyaratan tertentu merupakan cara yang paling baik untuk menyelesaikan permasalahan. Setelah terpilih, maka kita dapat membuat rencana kasar (outline) penyelesaian masalah dan membagi masalah dalam bagian-bagian yang lebih kecil. Rencana kasar (outline) penyelesaian masalah hanya berisi tahapan-tahapan utama penyelesaian masalah.
Merancang dan menerapkan rencana untuk memperoleh cara penyelesaian.
Pada bagian ini rencana kasar penyelesaian masalah diperbaiki dan diperjelas dengan pembagian dan urutan rinci yang harus ditempuh dalam penyelesaian masalah.

PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH MANAJEMEN 


INPUT
Beberapa alat input memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan juga sebagai alat output untuk menghasilkan data. Alat input/ouput demikian dikenal dengan terminal. Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Bila terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari terminal melalui alat komunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job Entry (RJE) terminal atau Remote Batch terminal.
Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu dinmasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing device, scanner, voice recognizer.
Alat input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk yang hanya dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal).
Alat input tidak langsung terdiri dari:
key-to-card, key-to-tape, key-to-disk. Penyimpanan primer (primary storage).
Penyimpanan primer ada dalam beberapa bentuk yang memberikan beragam kemampuan dalam hal operasi dan kecepatan. Ukuran dari penyimpanan primer ditunjukkan dalam satuan Kilo Byte(KB), Mega Byte(MB), Giga Byte(GB).
Bentuk-bentuk penyimpanan primer:
RAM (random access memory), adalah memori yang dapat diakses yaitu memori yang dapat diisi dan diambil isinya. RAM bersifat volatile karena isinya akan hilang bilang listrik padam.
ROM (read only memory) adalah memori yang hanya dapat dibaca dan bersifat non volatile yaitu isi dari ROM tidak akan hilang jika listrik padam. ROM berisikan intruksi dan data yang memberitahukan komputer apa yang akan dilakukan pada saat komputer dinyalakan.
Cache Memory merupakan RAM khusus yang diletakkan antara processor.
Cache memory akan dibaca terlebih dahulu oleh processor sebelum mencari intruksi atau data di RAM biasa.
OUTPUT
Output yang dihasilkan pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu tulisan, image, suara, dan bentuk yang hanya dapat di baca dan dimengerti komputer. Tiga yang pertama adalah output yang dapat dipergunakan langsung oleh manusia, sedangkan yang ke empat digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai input komputer yang lain.
Alat output dapat berbentuk Hard copy, alat yang digunakan untuk mencetak tulisan, angka, karakter khusus dan simbol serta image pada media hard (keras) seperti misalnya kertas atau film. Misalnya Printer, Plotter, COM (Computer Output Microform)
Soft copy, alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image pada media soft (lunak) yang berupa sinyal elektronik. Misalnya video display, flat planel display, speaker.

PERAN DATABASE PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK PEMECAHAN MASALAH DAN YANG DIMAKSUD RDBMS 


1.  Tujuan Sistem Database
Keberhasilan suatu sistim informasi managemen sangat dipengaruhi oleh sistim database yang merupakan salah satu elemen penyusun sistim tersebut, di mana semakin lengkap/akurat/mudah menampilkan kembali data-data dalam sistim database  maka semakin meningkatkan kualitas SIM,
Tujuan sistim database meliputi :
·         Penyediaan sarana akses yang fleksibel,
·         Pemeliharaan integritas data,
·         Proteksi data dari kerusakan dan penggunaan yang tidak legal
·         Penyediaan sarana untuk penggunaan bersama (share)

2.  Manfaat Sistem Database
·         Penyediaan sarana penggunaan bersama database bertujuan :
·         Meminimalkan kerangkapan data (redudancy),
·         Menghilangkan ketergantungan data pada program-program aplikasi,
·         Menstandarkan definisi elemen data, dan
·         Meningkatkan produktivitas personil sistim informasi

3.  Peranan Sistem Database
Sistim Database dalam suatu Sistim Informasi sangat memegang peranan yang penting di mana database merupakan salah satu komponen (sub sistim) penyusun sistim informasi dan keberadannya sangat mutlak, di mana nilai dan kualitas sistim informasi sangat ditentukan oleh nilai dan kualitas sistim database yang digunakan untuk menyusun sistim informasi tersebut.
a.  Sistim Database sebagai infrastruktur Sistim Informasi.
Sistim database dan sistim pengelolaan database (DBMS) berfungsi sebagai infrastruktur sistim informasi yang dibangun suatu organisasi. 
b. Sistim database sebagai sarana efektifitas dan efisiensi SIM
Sistim database akan mendukung tercapainya efektifitas dan efisiensi sistim informasi managemen suatu organisasi yang menggunakannya.
Keefektifannya dapat dilihat dari hal antara lain : data-data disusun dan disimpan dalam file-file sistim database secara baik dan benar (valid), perangkat lunak yang digunakan telah diuji kehandalannya (akurat dan benar) sehingga sistim database mampu memberikan dukungan yang besar ke sistim informasi.
Keefisiennya dapat dilihat    dari hal antara lain : sistim database dirancang dan dibangun untuk bermacam-macam kebutuhan pengguna (user needed), mudah digunakan (easy to use), dapat dipakai secara terpisah atau bersama-sama oleh pemakai (ready to use), meminimalkan kerangkapan data (avoiding of redundancy ), data mudah dimodifikasi (database can be modified), dapat dikembangkan baik volume maupun struktur (volume or structure can be developped).

RDBMS adalah kependekan dari Relational Database Management System. RDBMS adalah program yang melayani sistem basis data yang entitas utamanya terdiri dari tabel-tabel yang mempunyai relasi dari satu tabel ke tabel yang lain. Suatu database terdiri dari banyak tabel.



1 comment:

  1. mau penghasilan lebih tanpa modah banyak?
    zeusbola solusinya!

    Menerima Deposit Via Pulsa ( TANPA POTONGAN RATE ), OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA, BTPN JENIUS.
    ◘ Minimal deposit Rp.25,000 s/d Rp.50,000
    ♣Minimal WD/Tarik dana Rp.50,000
    ◘ Minimal Bet/ Taruhan Rp.10,000

    Nikmati Keseruan Bermain Games Online Hanya Dengan 1 User ID Saja
    ○ BOLA / SBOBET,ICBET,CMD368, MAXBET, SONG88, UBOBET ⚽️⚽️
    ♦Live Casino
    ○ Slot Online
    ♦Balap Tikus
    ○Tangkas Net
    ♦ SLOT JOKER GAMING
    ○ POKER IDN PLAY
    ♦ SABUNG AYAM ONLINE S128 & SV388

    Ayo Segera Bergabung Bersama Kami :

    whatsapp :+6282277104607
    instagram : zeusbola.official
    keberuntungan anda ada disini!

    ReplyDelete