Saturday 4 March 2017

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA) & SISMTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)

Perbedaan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) dan Sistem Informasi Manajemen (SIM).

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA) adalah system informasi yang di gunakan untuk mengolah keuangan yang berhubungan dengan transaksi akuntansi dan berbasis komputerisasi.


Sedangkan...

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) adalah system informasi perencanaan bagian dari pengendalian internal bisnis. Yang di gunakan untuk menganalisis system informasi lain dalam tujuan pengambilan keputusan.




Fungsi Sistem Informasi Akuntansi (SIA).
  • Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas transaksi yang dilaksanakan oleh organisasi, sumber daya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut, dan para pelaku yang terlibat dalam aktivitas tersebut, agar para manajemen, para pegawai, dan pihak luar yang berkepentingan dapat meninjau ulang (review) hal-hal yang telah terjadi.
  • Mengubah data menjadi informasi dan dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Ini merupakan fungsi vital dari SIA. Ketika data menjadi informasi, maka informasi tersebut akan sangat bermanfaat baik bagi pihak internal maupun eksternal perusahaan.
  • Fungsi yang ketiga dari SIA adalah tersedianya pengendalian. Sebagaimana kita tahu bahwa dalam ranah organisasi yang lingkupnya besar seperti perusahaan, terjadinya fraud atau kecurangan bukanlah hal yang langka. Dengan adanya SIA, perusahaan akan mampu untuk menjaga aset-aset organisasi, termasuk data organisasi, untuk memastikan bahwa data tersebut tersedia saat dibutuhkan, akurat, dan andal.







No comments:

Post a Comment